Minggu, 12 Juni 2011

PERANCANGAN PROGRAM PERPUSTAKAAN ”SMA ATTAQWA” DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0

ABSTRAKSI
Perkembangan zaman sekarang yang semakin cepat diberbagai bidang membawa perubahan yang sangat besar dalam kehidupan kita. Pemanfaatan tekhnologi dengan maksimal dapat digunakan sebagai penunjang kegiatan bisnis.

Termasuk dalam bisnis perpustakaan yang sampai saat ini belum banyak memanfaatkan kemajuan tekhnologi yang ada dalam kegiatan usahanya.

Perpustakaan “SMA ATTAQWA” adalah salah satu perpustakaan yang masih menggunakan sistem manual dalam kegiatan transaksi Peminjaman Buku. Mulai dari peminjaman buku sampai transaksi pengembaliannya masih dilakukan dengan manual, sehingga kemungkinan terjadinya kesalahan pada saat proses tersebut berlangsung. Selain itu sistem transaksi yang masih manual membuat ketidakakurat dan keterlambat pengelolaan perpustakaan dalam memperoleh segala informasi yang berhubungan dengan Peminjaman buku karena harus mencari terlebih dahulu berkas transaksinya.

Maka penulis mencoba membuat Perancangan Program Peminjaman Buku Pada Perpustakaan SMA ATTAQWA dengan menggunakan Microfoft Visual Basic 6.0 sebagai solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada pada perpustakaan tersebut, dapat meningkatkan efektifitas dan efisien dalam bekerja. Program ini dimulai dari penginputan data anggota, dilanjutkan dengan peminjaman buku, dan pengembalian buku, perperiode tertentu.

Kata Kunci : Perancangan Program, Program Peminjaman Buku.
======================================================
ABSTRACT

The rapid growth in many sctor recently have brought many changes in human live. One of the important changes is in the untilization of technologi to support doing business activities.

Until this day many library business have not used technologi in their daily business activity.

SMA ATTAQWA library is one of the library which still using manual system in their rent transaction, so that the possibiity of error in to return process always available. Their manual system can also recedure they customer satisfaction because of no receipts yo give, and the order problem is that manual system have made the library management difficult in the searching all the information related to their rent a books transaction because they have they have to search the document first.

To solve all the problems in this library, tte Author suggest them to use rent program design in order to increase the efficiency and efectifity of their transaction management ang increase the member satisfaction.

Keyword : Program Design, Loan Transaction Program.

Download Tugas Akhir D3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar